Minggu, 14 Maret 2010

Pecahan Kaca di Medan Tawuran

Kata Kunci:
Ditulis oleh 齊爾長 pada 22-10-2009

kaca-mobil-pecah“Karena suatu alasan yang jelas, kaca depan mobil dibuat sedemikian rupa hingga ketika terbentur sesuatu seperti benda keras, pecahannya tidak terlontar ke mana-mana. Tapi, mengapa kaca itu tidak pecah menjadi kepingan-kepingan sangat kecil dan banyak sekali, bahkan tidak dalam wujud lempengan lebar? Kenapa demikian dapat terjadi? “

Mencegah pecahan kaca terbang berserekan relative mudah. Kaca depan mobil sesungguhnya seperti sebuah roti lapis, dengan kaca sebagai sepasang roti yang tengahnya di-isi dengan sejenis plastic bening elastic. Ketika sebongkah batu mengenai kaca depan, sebagian besar kepingan kaca tetap melekat pada plastic alih-alih terbang kemana-mana. Tapi, mengapa kaca tersebut pecah menjadi keping-keping yang sangat kecil, bukannya menjadi potongan lebar seperti ketika Anda memecahkan sehelai kaca biasa adalah sebuah soal lain lagi. Itu terkait dengan bagaimana pengolahan kaca tersebut agar menjadi lebih kuat.

Sudah barang tentu kaca mobil harus lebih kuat daripada kaca biasa. Untuk membuat bahan yang lebih kokoh, para insinyur biasa menggunkan teknik pratekan (presstressing). Artinya, sebelum dipake bahan itu telah dibebani dengan sejumlah gaya yang besanya tertentu. Maka itulah perlakuan yang telah diberikan kepada kaca depan mobil.

Ketika kaca masih bertemperatut tinggi setelah dibentuk, permukaan dan hanya permukannya di dinginkan secara mendadak. Perlakuan ini mengunci struktur molekuler kaca bertemperatur tinggi, yang memiliki struktur lebih luas daripada struktur kaca pada temperature ruang.. Ketika seluruh lembaran di biarkan menjadi dingin pelan-pelan sampai temperature kamar, bagian permukaan kaca mempertahankan struktur temperature tinggi yang pernah terbentuk, sedangkan bagian dalamnya mengkerut kembali ke structure temperature kamar yang lebih kencang. Akibatnya pada kaca tersebut ada perpaduan antara gaya tarik dan gaya tekan(tension dan compression) yang telah terkunci di dalam kaca-seperti ketika situasi Anda mengikat tumpukan buku dengan sekuat-kuatnya sehingga seluruh struktur menjadi kaku.

Energi yang tertahan terlepas secara mendadak ketika kaca itu pecah. Akibat energy tadi pecahan di suatu tempat dengan cepat merambat seperti sebuah reaksi berantai ke seluruh permukaan yang semula tegang. Karena ketegangan kaca merata di seluruh permukaan, retak atau pecah pun cenderung menyebar ke seluruh dengan bentuk seperti taburan kerikil.

“Bagaimana cara orang membuat beton pratekan (presstress concrete)?”

Mereka memainkan music Rock yang sangat keras sambil menuang adukan. Maaf, tentu saja tidak begitu caranya. Kekuatan sebuah beton pratekan bukan dengan cara memanggangnya dalam oven, seperti pembuatan pada kaca mobil. Beton pratekan adalah beton yang berisi kabel-kabel baja yang telah ditarik sampai tegang ke arah memanjang, sebelum beton mengeras. Selanjutnya kabel itu terus berkontraksi seperti karet gelang yang di renggangkan,tetapi tidak bisa karena beton terus mengeras, makan kini beton mengalami tekanan (kompresi) yang terus menerus. Beton bukan struktur bangunan yang baik untuk memikul beban tarik (tension), maka guna mengatasi kelemahan ini, batu buatan tersebut diperkuat dengan tulangan, atau dengan kabel baja seperti diatas.


http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/kimia_material/pecahan-kaca-di-medan-tawuran/?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+chem-is-try+%28Chem-Is-Try.Org+|+Situs+Kimia+Indonesia+|%29&utm_content=Yahoo!+Mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar